Gaya Hidup

7 Hal Produktif yang Dapat Kamu Lakukan di Rumah

Di tengah merebaknya COVID-19 di Indonesia, Presiden Joko Widodo menyerukan pentingnya membatasi jarak sosial atau “social distancing” di tengah lonjakan kasus infeksi virus corona di Indonesia. Dia mengimbau agar masyarakat Indonesia saat ini menjaga jarak dari aktivitas luar rumah.

“Kesehatan rakyat nomor satu. Yang paling penting saat ini social distancing: bagaimana kita jaga jarak (..) kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, dan ibadah di rumah,” Jokowi, Minggu (15/3/2020).

Untuk kita yang terbiasa dengan aktivitas di luar rumah, akan terpikir jika berada di rumah adalah hal yang membosankan, karena tidak banyak hal yang dapat dilakukan

Anggapan seperti ini tentu tidak sepenuhnya benar. Banyak hal bermanfaat yang bisa kita lakukan walaupun cuma berada di rumah. Bukan hanya nonton TV dan main games, atau bahkan hanya sekedar menuntaskan kerjaan kantor dan tugas sekolah. Tapi ada hal lain yang dapat mengatasi kebosananmu. Mau tau apa saja? Simak 7 hal produktif saat berada di rumah berikut ini:

1. Menulis/blogging

Ini hal yang bisa kamu lakukan cuma dengan gadget. Tidak harus pake laptop, smartphone juga udah cukup. “Tapi aku kan gak bakat nulis”, nulis itu bukan soal bakat tapi kemauan. Setiap orang yang bisa merangkai kata pasti bisa menulis kok.

Mulai dengan hal-hal yang simple. Tidak perlu nulis yang berat kaya politik atau filosofi kecuali kamu memang punya ketertarikan. Menulis juga bermanfaat buat terus mengasah otak kita untuk berpikir, jadi tidak lemot dan menurun fungsinya.

Namun, jika kamu bukan orang yang suka menulis, kamu dapat menyimak rekomendasi selanjutnya. Yuk terus dibaca!

2. Memasak/belajar Masak

Jangan cuma hobi makan tapi juga harus bisa masak ya.

Zaman sekarang baik cewek ataupun cowok, kalau jago masak itu pasti level menariknya akan meningkat dibanding yang bisanya cuma makan, (analisa amatiran saya). Memasak itu juga aktivitas yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah kalo kamu seriusin. Bisnis makanan itu tidak pernah mati, jadi tidak ada salahnya kamu belajar masak siapa tau bisa punya usaha kuliner.

Jangan ngomong gak bisa deh, semua ahli itu juga dulunya tidak bisa tapi mereka belajar sampai jadi expert. Resep-resep di luar sana ada ribuan yang bisa kamu coba, mulai dari yang paling gampang sampai yang rumit. Percaya deh, memasak itu menyenangkan, bisa jadi pelepas stress juga kalau kamu lagi tekanan batin.

3. Bersih-bersih rumah

Jangan salah loh, bersih-bersih rumah bukan cuma urusan pembantu atau ibu-ibu, tapi penghuni rumah yang ada di dalamnya.

Kamu juga bisa mengatur interior di rumah kamu sembari bersih-bersih biar keliatan baru. Dengan bersih-bersih kamu juga kadang bisa dapat harta karun yang tak terduga. Kadang benda-benda yang kamu kira udah hilang ternyata nyelip di kolong tempat tidur.

4. Belajar bahasa asing

Kalau kamu merasa sudah terlalu tua buat belajar bahasa kedua atau ketiga, saatnya ubah pandangan kamu. Banyak kok orang-orang yang usianya sepantaran kakek-nenek kamu tapi mereka bisa menguasai bahasa baru, kuncinya? Harus optimis dan tekun. Lagipula belajar bahasa itu kegiatan yang bagus banget buat mengasah otak kamu agar tetap tajam dan berfungsi optimal.

Kalau kamu tidak punya cukup uang untuk kursus, bisa belajar lewat internet. Internet itu sumber belajar tanpa batas, kamu bisa belajar lewat youtube gratis dari penutur bahasanya langsung.

Kamu juga bisa gabung di grup belajar bahasa di Facebook atau chat engine. Belajar bahasa itu seru, selain tambah pinter, kamu bisa nambah teman dan punya nilai plus karena kemampuan bahasa asing kamu.

5. Berkebun

Berkebun itu bukan cuma hobi orang tua, anak muda pun sekarang banyak yang suka berkebun. Aktivitas ini juga bisa menaghasilkan uang kalau kamu seriusin.

Apalagi sekarang orang-orang sudah mulai concern dengan gaya hidup sehat, salah satunya makan makanan organik. Kamu bisa berkebun organik sendiri dan kalau kamu tekun siapa tau bisa jadi pemasok bahan makanan organik buat orang-orang yang memerlukan.

6. Jualan Online

Ini hal yang paling menguntungkan dan bikin kita jadi produktif. Punya gadget dan akun sosmed sudah bisa banget buat jualan. Tidak tau apa yang mau dijual? Coba cari barang-barang kamu, bongkar lemari baju mama, atau cari di dapur, mungkin ada barang yang sudah jarang banget kamu pakai tapi masih bagus, coba saja jual.

Tidak harus modal gede kalo mau jualan, barang bekas pun jadi. Tapi dilihat-lihat juga ya, kalau sudah bekas dan buluk jangan dijual.

7. Merawat hewan peliharaan

Hewan peliharaan harus diperlakukan sebagai bagian dari keluarga Kamu. Karena kalau hewan peliharaan penyakitan, bisa menular ke manusia penghuni rumah. Sayangnya, di waktu sibuk mungkin kamu hanya sempat memberi makan dan minum saja.

Misalnya memandikan hewan peliharaan, membersihkan kandangnya, juga bisa bercengkerama dengan hewan peliharaan kesayangan Kamu.

[NON | RWT]

Facebook Comments
Tags

Related Articles

Back to top button
Close